Minggu, 15 Mei 2016

Avertebrata - Rotifera

Rotifera adalah kelompok hewan dari avertebrata air yang mempunyai spesifikasi dimana bagian tubuhnya dibedakan atas bagian trankus dan kauda, dibagian kauda sering dianggap kaki dengan adanya kelenjar pelekat, dibagian ujung depan terdapat diskus trokalis yang mengandung silia, yang berfungsi untuk bergerak dan menangkap makanan. Alat reproduksi yang dimiliki Rotifera adalah diesius , yang jantan umumnya lebih kecil dibanging dengan jenis betina. Dan Reproduksinya terjadi secara kawin dan dengan secara  partenogenesis, hidup bebas dan soliter didalam air tawar, contoh : hidationa, collotheca.
Filum Rotifera terbagi menjadi 3 Kelas yakni :
1.   Kelas Seisonacea
2.   Kelas Bdelloidea
3.   Kelas Monogononta

Morfologi dan Anatomi:
1. Tubuh rotifera dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu 
    - bagian kepala (head), 
    - badan (trunk) dan kaki (foot). 
2. Dibagian kepala terdapat corona dan mastax yang merupakan ciri khas filum Rotifera . 
3. Corona merupakan permukaan yang bercilia yang terdapat disekitar mulut, dan cilia ini melebar di seputar tepi anterior hingga seperti bentuk mahkota. 
4. Gerakan cilia tidak sinkron, tetapi secara metakronal yaitu bergerak seperti berputar. 
5. Mastax terletak antara mulut dan pharynx. Mastax adalah modifikasi muscular dari pharynx, bulat atau lonjong dan bagian dalamnya terdapat sejumlah trophy yang saling berhubungan, semacam rahang berkhitin. Mastax berfungsi untuk menangkap dan menggilling makanan, bentuknya beranekaragam sesuai dengan tipe kebiasaan makan rotifer.

Complete Klik ---> http://adf.ly/1aJRdi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar